Langsung ke konten utama

Membuat Company Profile dan Isi Materinya

Sebuah perusahaan membutuhkan company profile yang digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, sebagai media promosi, syarat pengajuan pinjaman, syarat tergabung dalam sebuah komunitas, dan sebagainya. Company profile dapat berupa cetak, seperti brosur, buku/booklet. Selain cetak juga dapat berupa digital, seperti website, aplikasi CD/DVD, dan PDF. Yang paling sering dibuat dan digunakan adalah bentuk cetak (buku / booklet). Bagaimana cara membuat company profile yang baik dan benar? Apa saja isi dari company profile?

Apapun bentuk company profile, anda harus merancang materi/bahan, kata-kata, dan informasi tentang perusahaan. Company profile berisi tentang dibawah ini:

1) Cover depan (wajib)
Berisi Judul/nama perusahaan.

2) Kata pengantar (optional)

3) About us/tentang kami/sejarah singkat (wajib)
Berisi tentang perusahaan anda. Bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri, perusahaan anda bergerak dibidang apa, dll. Silahkan anda meramu kata-kata yang tepat.

4) Visi Misi (optional tapi penting)
Hampir semua company profile pasti mencantumkan visi misi perusahaan. Hal ini agar pembaca tau target visi dan misi perusahaan anda.

5) Produk/jasa perusahaan (wajib)
Bagian ini yang terpenting. Menjelaskan apa sih yang perusahaan anda tawarkan? menjual produk apa saja? menjual jasa apa saja? Hal ini wajib ditulis di company profile anda.

6) Kelebihan/why choose us (Optional tapi penting)
Company profile yang baik mampu membuat yakin dan tertarik para pembaca. Maka halaman yang berisi tentang kelebihan perusahaan anda sangat penting.

7) Pengalaman perusahaan (optional)
Sama seperti nomor 6 diatas, membuat pembaca lebih tertarik dengan perusahaan anda.

8) Gallery foto (optional)
Tidak wajib, tapi pembaca dapat mengetahui foto kegiatan yang dilakukan perusahaan anda.

9) Daftar klien (optional tapi penting)
Tidak penting, tapi fungsinya besar sekali. Halaman klien berguna untuk menarik perhatian pembaca/calon klien. Jika perusahaan anda banyak klien pasti calon klien baru lebih percaya akan reputasi anda. Halaman client di company profile bisa berupa daftar nama klien atau nama perusahaan klien atau logo perusahaan klien saja.

10) Cover belakang & kontak informasi (wajib)
Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, no telepon, fax, email, dll.

11) Lainya (optional)
Halaman lainya yang ada disebuah company profile, yaitu: struktur organisasi, perlengkapan/peralatan perusahaan, legalitas/scan dokumen, dll.

Ciri Company Profile Yang Baik Dan Bagus
Setelah mengetahui cara membuat company profile dan isinya, sekarang akan dijelaskan bagaimana company profile yang bagus.
Desain company profile menarik, tidak over/lebay, elegant dan terlihat profesional.
Company profile harus mudah dibaca, singkat dan jelas. Perhatikan desain company profile, warna font dan background harus selaras mudah dibaca.
Bahan cetak company profile semakin bagus makin terlihat profesional, namun perhatikan juga budget anda.
Company profile harus berisi informasi penting tentang perusahaan anda. Seperti dijelaskan diatas, minimal mencakup point-point wajib. Lebih bagus lagi ditambah point-point optional.
Terdapat gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.
Company profile bentuk buku, usahakan halaman kelipatan 4. Agar bisa dicetak menjadi sebuah buku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MEKANISME LOMBA STORY TELLING

Berikut adalah contoh mekanisme melaksanakan lomba story telling. Isinya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kompetisi yang kalian adakan!!! Registrasi dan Syarat Pendaftaran: 1. Pendaftaran dimulai pada tanggal .... 2. Peserta lomba adalah siswa .... 3. Kontribusi setiap peserta lomba sebesar Rp..... 4. Setiap sekolah mengirimkan perwakilannya maksimal ..... dengan naskah yang berbeda. 5. Peserta wajib memberikan naskah story telling dalam bentuk print out sebanyak ..... rangkap naskah asli saat pendaftaran ulang. 6. Peserta wajib melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu dan wajib mengikuti upacara pembukaan. 7. Diperkenankan melakukan daftar ulang secepatnya sebelum pendaftaran ulang ditutup, pendaftaran ulang ditutup saat upacara pembukaan dimulai. Apabila daftar ulang telah ditutup dan masih ada peserta yang belum melakukan daftar ulang maka peserta tersebut tidak diperkenankan mengikuti lomba dan didiskualifikasi. 8. Pengocokan nomor peserta akan dibagikan s

Menulis E-mail Profesional dalam Bahasa Inggris

Menulis e-mail dalam Bahasa Inggris adalah latihan yang harus dilakukan dalam konteks aktivitas profesional saat ini. Salah tafsir, formulasi yang terlalu kaku, atau terlalu santai merupakan resiko ketika menerjemahkan e-mail dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Sehingga saat ini, penulis harus benar-benar menguasai tata cara berbahasa dan berkorespondensi dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Untuk menghindari salah korespondensi dalam bahasa Inggris, berikut ini adalah beberapa pengetahuan yang berguna untuk menyusun e-mail dalam bahasa Inggris yang profesional.  Untuk Siapa dan Untuk Apa? Saat ini banyak karyawan perusahaan yang bekerja dalam konteks internasional, untuk pertukaran komersial, untuk kemitraan, untuk pertanyaan tentang produk, dan lain-lain. Banyak pegawai mendapati diri mereka terpaksa untuk menghubungi profesional atau mitra yang berbasis di Inggris, Amerika atau di bagian dunia lainnya, sehingga harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Subjek

PARIWISATA BUDAYA: Sejarah dan Perkembangan Pariwisata

Asal Usul Pariwisata Perjalanan pada jaman primitif dilakukan untuk mencari makanan dengan berburu, kemudian berkembang dengan kegiatan berdagang, keagamaan, perang, bermigrasi dan kegiatan lainnya sesuai motivasinya. Pada era Romawi perjalanan juga dilakukan untuk kegiatan bersenang-senang (pleasure) pada resort di pinggir pantai. Pariwisata yang dikenal saat ini merupakan phenomena sejak 20 tahun yang lalu. Para pelaku sejarah mencatat bahwa kegiatan pariwisata dimulai di Inggris sejak terjadinya revolusi industri dengan munculnya kelompok kelas mengengah dan transportasi yang murah. Dengan adanya pesawat komersial dan perang dunia ke dua serta berkembangnya jet pada tahun 1950-an yang ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya perjalanan internasional perkembangan pariwisata menjadi semakin pesat. Sebelum Era Modern (sebelum 1920) Perjalanan pertama kali dilakukan oleh bangsa primitif dari satu tempat ke tempat lain dengan tujuan untuk kelangsungan hidup. Tahu