Langsung ke konten utama

Membuat Company Profile dan Isi Materinya

Sebuah perusahaan membutuhkan company profile yang digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, sebagai media promosi, syarat pengajuan pinjaman, syarat tergabung dalam sebuah komunitas, dan sebagainya. Company profile dapat berupa cetak, seperti brosur, buku/booklet. Selain cetak juga dapat berupa digital, seperti website, aplikasi CD/DVD, dan PDF. Yang paling sering dibuat dan digunakan adalah bentuk cetak (buku / booklet). Bagaimana cara membuat company profile yang baik dan benar? Apa saja isi dari company profile?

Apapun bentuk company profile, anda harus merancang materi/bahan, kata-kata, dan informasi tentang perusahaan. Company profile berisi tentang dibawah ini:

1) Cover depan (wajib)
Berisi Judul/nama perusahaan.

2) Kata pengantar (optional)

3) About us/tentang kami/sejarah singkat (wajib)
Berisi tentang perusahaan anda. Bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri, perusahaan anda bergerak dibidang apa, dll. Silahkan anda meramu kata-kata yang tepat.

4) Visi Misi (optional tapi penting)
Hampir semua company profile pasti mencantumkan visi misi perusahaan. Hal ini agar pembaca tau target visi dan misi perusahaan anda.

5) Produk/jasa perusahaan (wajib)
Bagian ini yang terpenting. Menjelaskan apa sih yang perusahaan anda tawarkan? menjual produk apa saja? menjual jasa apa saja? Hal ini wajib ditulis di company profile anda.

6) Kelebihan/why choose us (Optional tapi penting)
Company profile yang baik mampu membuat yakin dan tertarik para pembaca. Maka halaman yang berisi tentang kelebihan perusahaan anda sangat penting.

7) Pengalaman perusahaan (optional)
Sama seperti nomor 6 diatas, membuat pembaca lebih tertarik dengan perusahaan anda.

8) Gallery foto (optional)
Tidak wajib, tapi pembaca dapat mengetahui foto kegiatan yang dilakukan perusahaan anda.

9) Daftar klien (optional tapi penting)
Tidak penting, tapi fungsinya besar sekali. Halaman klien berguna untuk menarik perhatian pembaca/calon klien. Jika perusahaan anda banyak klien pasti calon klien baru lebih percaya akan reputasi anda. Halaman client di company profile bisa berupa daftar nama klien atau nama perusahaan klien atau logo perusahaan klien saja.

10) Cover belakang & kontak informasi (wajib)
Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, no telepon, fax, email, dll.

11) Lainya (optional)
Halaman lainya yang ada disebuah company profile, yaitu: struktur organisasi, perlengkapan/peralatan perusahaan, legalitas/scan dokumen, dll.

Ciri Company Profile Yang Baik Dan Bagus
Setelah mengetahui cara membuat company profile dan isinya, sekarang akan dijelaskan bagaimana company profile yang bagus.
Desain company profile menarik, tidak over/lebay, elegant dan terlihat profesional.
Company profile harus mudah dibaca, singkat dan jelas. Perhatikan desain company profile, warna font dan background harus selaras mudah dibaca.
Bahan cetak company profile semakin bagus makin terlihat profesional, namun perhatikan juga budget anda.
Company profile harus berisi informasi penting tentang perusahaan anda. Seperti dijelaskan diatas, minimal mencakup point-point wajib. Lebih bagus lagi ditambah point-point optional.
Terdapat gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.
Company profile bentuk buku, usahakan halaman kelipatan 4. Agar bisa dicetak menjadi sebuah buku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MEKANISME LOMBA STORY TELLING

Berikut adalah contoh mekanisme melaksanakan lomba story telling. Isinya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kompetisi yang kalian adakan!!! Registrasi dan Syarat Pendaftaran: 1. Pendaftaran dimulai pada tanggal .... 2. Peserta lomba adalah siswa .... 3. Kontribusi setiap peserta lomba sebesar Rp..... 4. Setiap sekolah mengirimkan perwakilannya maksimal ..... dengan naskah yang berbeda. 5. Peserta wajib memberikan naskah story telling dalam bentuk print out sebanyak ..... rangkap naskah asli saat pendaftaran ulang. 6. Peserta wajib melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu dan wajib mengikuti upacara pembukaan. 7. Diperkenankan melakukan daftar ulang secepatnya sebelum pendaftaran ulang ditutup, pendaftaran ulang ditutup saat upacara pembukaan dimulai. Apabila daftar ulang telah ditutup dan masih ada peserta yang belum melakukan daftar ulang maka peserta tersebut tidak diperkenankan mengikuti lomba dan didiskualifikasi. 8. Pengocokan nomor peserta akan dibagikan s...

Language of Advertisement

ADVERTISEMENT Say the word advertising to someone and the immediate images will spring to mind: billboards, television ads, buses with banners, flyers. Advertising is ubiquitous in modern society, and while many people have some understanding of the power it wields over our everyday choices, few realize the subtle nuances of advertising that cause it to be so effective. Imperatives When it comes to advertising, you’ll find a huge tendency to use imperatives and adjectives. Imperatives leave people little room for argument - ‘buy our new product now’. The use of the imperative ‘now’ commands you in a subconscious way; it leaves a deeper imprint than the phrase ‘buy our new product’. Nike’s ‘Just Do It’ may be one of the most famous imperative slogans in advertising. The tagline gives you no room for argument, no room to back out or make a choice. It directs you in such a way that is bold and without remorse. The short, snappy nature of the tagline with the iconic tick has made it...

Metode & Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Bahasa

A. Metode Simak Metode simak adalah metode pengumpulan data yang dilakukan melalui proses penyimakan atau pengamatan terhadap penggunaan bahasa yang diteliti. Metode ini hampir sama dengan metode pengamatan atau metode observasi dalam ilmu-ilmu sosial. Istilah simak di sini bukan hanya berkaitan dengan penggunaan bahasa lisan seperti pidato dan percakapan antar penutur suatu bahasa, tetapi juga termasuk untuk bahasa tulis, yaitu mengamati, membaca, dan memahami bahasa tulis yang ada dalam suatu teks tertulis seperti naskah cerita, berita surat kabar, dan naskah tertulis lainnya. Metode simak dapat diwujudkan dalam bentuk teknik pengumpulan data yang diberi nama sesuai dengan alat yang digunakannya seperti menyadap, melakukan percakapan, merekam, atau mencatat. Dari segi tahapan penggunaannya, teknik-teknik dalam metode simak ini dapat dibedakan menjadi dua jenis teknik, yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar adalah teknik yang harus digunakan oleh seorang pengumpul data t...