Sebuah perusahaan membutuhkan company profile yang digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, sebagai media promosi, syarat pengajuan pinjaman, syarat tergabung dalam sebuah komunitas, dan sebagainya. Company profile dapat berupa cetak, seperti brosur, buku/booklet. Selain cetak juga dapat berupa digital, seperti website, aplikasi CD/DVD, dan PDF. Yang paling sering dibuat dan digunakan adalah bentuk cetak (buku / booklet). Bagaimana cara membuat company profile yang baik dan benar? Apa saja isi dari company profile?
Apapun bentuk company profile, anda harus merancang materi/bahan, kata-kata, dan informasi tentang perusahaan. Company profile berisi tentang dibawah ini:
1) Cover depan (wajib)
Berisi Judul/nama perusahaan.
2) Kata pengantar (optional)
3) About us/tentang kami/sejarah singkat (wajib)
Berisi tentang perusahaan anda. Bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri, perusahaan anda bergerak dibidang apa, dll. Silahkan anda meramu kata-kata yang tepat.
4) Visi Misi (optional tapi penting)
Hampir semua company profile pasti mencantumkan visi misi perusahaan. Hal ini agar pembaca tau target visi dan misi perusahaan anda.
5) Produk/jasa perusahaan (wajib)
Bagian ini yang terpenting. Menjelaskan apa sih yang perusahaan anda tawarkan? menjual produk apa saja? menjual jasa apa saja? Hal ini wajib ditulis di company profile anda.
6) Kelebihan/why choose us (Optional tapi penting)
Company profile yang baik mampu membuat yakin dan tertarik para pembaca. Maka halaman yang berisi tentang kelebihan perusahaan anda sangat penting.
7) Pengalaman perusahaan (optional)
Sama seperti nomor 6 diatas, membuat pembaca lebih tertarik dengan perusahaan anda.
8) Gallery foto (optional)
Tidak wajib, tapi pembaca dapat mengetahui foto kegiatan yang dilakukan perusahaan anda.
9) Daftar klien (optional tapi penting)
Tidak penting, tapi fungsinya besar sekali. Halaman klien berguna untuk menarik perhatian pembaca/calon klien. Jika perusahaan anda banyak klien pasti calon klien baru lebih percaya akan reputasi anda. Halaman client di company profile bisa berupa daftar nama klien atau nama perusahaan klien atau logo perusahaan klien saja.
10) Cover belakang & kontak informasi (wajib)
Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, no telepon, fax, email, dll.
11) Lainya (optional)
Halaman lainya yang ada disebuah company profile, yaitu: struktur organisasi, perlengkapan/peralatan perusahaan, legalitas/scan dokumen, dll.
Ciri Company Profile Yang Baik Dan Bagus
Setelah mengetahui cara membuat company profile dan isinya, sekarang akan dijelaskan bagaimana company profile yang bagus.
Desain company profile menarik, tidak over/lebay, elegant dan terlihat profesional.
Company profile harus mudah dibaca, singkat dan jelas. Perhatikan desain company profile, warna font dan background harus selaras mudah dibaca.
Bahan cetak company profile semakin bagus makin terlihat profesional, namun perhatikan juga budget anda.
Company profile harus berisi informasi penting tentang perusahaan anda. Seperti dijelaskan diatas, minimal mencakup point-point wajib. Lebih bagus lagi ditambah point-point optional.
Terdapat gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.
Company profile bentuk buku, usahakan halaman kelipatan 4. Agar bisa dicetak menjadi sebuah buku.
Komentar
Posting Komentar