Langsung ke konten utama

Pembagian Waktu: AM DAN PM

Kali ini kita akan membahas tentang pembagian waktu dalam Bahasa Inggris serta penggunaan AM dan PM dengan baik dan benar.

“Do you know AM?” “Do you know PM?” and “When we use AM and PM?” Bagaimanakah pembagian waktu dalam Bahasa Inngris? Kapan itu morning, afternoon, evening, dan night? Sebelum membahasnya, kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari AM dan PM.

PEMBAGIAN WAKTU AM DAN PM
Di Indonesia, dalam mengucapkan jam dimulai dari jam 00.00 – 24.00. Dalam Bahasa Inggris, kita hanya mengenal 12 jam. Pembagiannya dikenal dengan AM. dan PM.

AM: ante meridian. Berlaku mulai jam 00.00 – 12.00 (tengah malam-tengah hari).
PM: post meridian. berlaku mulai jam 12.00 – 24.00 (tengah hari-tengah malam).

Selain memahami apa itu AM dan PM, kita juga harus memahami pembagian waktu AM dan PM, diantaranya:
Midnight: 12.00 AM (Jam 12 tengah malam)
Late night: 12.01 AM – 04.00 AM (Jam 12.01 – 04.00 pagi)
Morning: 04.01 AM – 11.59 AM (Jam 04.01 – 11.59 pagi)
Noon: 12.00 PM – 01.00 PM (Jam 12.00 – 01.00 siang)
Afternoon: 01.01 PM – 05.59 PM (Jam 01.01 – 5.59 sore)
Evening: 06.00 PM – 07.59 PM (Jam 06.00 – 7.59 petang)
Night: 08.00 PM – 11.59 PM (Jam 08.00 – 11.59 malam)

Untuk lebih memahami, kita bahas beberapa contoh berikut:

WHAT TIME IS IT???
07.17 AM: It is seventeen past seven in the morning (jam 07.17 pagi).
03.15 PM: It is a quarter past three in the afternoon (jam 03.15 sore).
08.50 AM: It is ten to nine in the morning (jam 08.50 pagi).
06.30 PM: It is half past six in the evening (jam 06.30 petang).
01.25 AM: It is twenty-five past one in the late night (jam 01.25 pagi).
01.00 PM: It is one o’clock at noon (jam 01.00 siang).
09.30 PM: It is half past nine in the night (jam 09.30 malam).
12.10 PM: It is ten past twelve at noon (jam 12.10 siang).
02.50 PM: It is ten to three in the afternoon (jam 02.50 sore).
12.00 AM: It is twelve o’clock at midnight (jam 12.00 tengah malam).

Komentar

  1. Kalau 07.59 bahasa inggrisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. How with this? "it is one to seven at morning"

      Hapus
    2. 07.59 = seven past fifty nine or 1 minutes to 8

      Hapus
    3. 07.59 : it is fifty nine past seven . Or it is one to eight .

      "It is one to seven at morning" : 6:59 AM

      Hapus
  2. Balasan
    1. Eight past fifteen minutes or a quarter minutes past eight.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MEKANISME LOMBA STORY TELLING

Berikut adalah contoh mekanisme melaksanakan lomba story telling. Isinya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kompetisi yang kalian adakan!!! Registrasi dan Syarat Pendaftaran: 1. Pendaftaran dimulai pada tanggal .... 2. Peserta lomba adalah siswa .... 3. Kontribusi setiap peserta lomba sebesar Rp..... 4. Setiap sekolah mengirimkan perwakilannya maksimal ..... dengan naskah yang berbeda. 5. Peserta wajib memberikan naskah story telling dalam bentuk print out sebanyak ..... rangkap naskah asli saat pendaftaran ulang. 6. Peserta wajib melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu dan wajib mengikuti upacara pembukaan. 7. Diperkenankan melakukan daftar ulang secepatnya sebelum pendaftaran ulang ditutup, pendaftaran ulang ditutup saat upacara pembukaan dimulai. Apabila daftar ulang telah ditutup dan masih ada peserta yang belum melakukan daftar ulang maka peserta tersebut tidak diperkenankan mengikuti lomba dan didiskualifikasi. 8. Pengocokan nomor peserta akan dibagikan s...

Language of Advertisement

ADVERTISEMENT Say the word advertising to someone and the immediate images will spring to mind: billboards, television ads, buses with banners, flyers. Advertising is ubiquitous in modern society, and while many people have some understanding of the power it wields over our everyday choices, few realize the subtle nuances of advertising that cause it to be so effective. Imperatives When it comes to advertising, you’ll find a huge tendency to use imperatives and adjectives. Imperatives leave people little room for argument - ‘buy our new product now’. The use of the imperative ‘now’ commands you in a subconscious way; it leaves a deeper imprint than the phrase ‘buy our new product’. Nike’s ‘Just Do It’ may be one of the most famous imperative slogans in advertising. The tagline gives you no room for argument, no room to back out or make a choice. It directs you in such a way that is bold and without remorse. The short, snappy nature of the tagline with the iconic tick has made it...

Metode & Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Bahasa

A. Metode Simak Metode simak adalah metode pengumpulan data yang dilakukan melalui proses penyimakan atau pengamatan terhadap penggunaan bahasa yang diteliti. Metode ini hampir sama dengan metode pengamatan atau metode observasi dalam ilmu-ilmu sosial. Istilah simak di sini bukan hanya berkaitan dengan penggunaan bahasa lisan seperti pidato dan percakapan antar penutur suatu bahasa, tetapi juga termasuk untuk bahasa tulis, yaitu mengamati, membaca, dan memahami bahasa tulis yang ada dalam suatu teks tertulis seperti naskah cerita, berita surat kabar, dan naskah tertulis lainnya. Metode simak dapat diwujudkan dalam bentuk teknik pengumpulan data yang diberi nama sesuai dengan alat yang digunakannya seperti menyadap, melakukan percakapan, merekam, atau mencatat. Dari segi tahapan penggunaannya, teknik-teknik dalam metode simak ini dapat dibedakan menjadi dua jenis teknik, yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar adalah teknik yang harus digunakan oleh seorang pengumpul data t...