Langsung ke konten utama

5 Tips Membuat Konten Website Menarik

Keberhasilan situs web Anda sebagian besar ditentukan oleh konten yang ada di dalamnya. Konten yang bagus akan memenangkan kepercayaan pelanggan dan menghasilkan lalu lintas ke situs web Anda. Karena itu, penataan konten di situs Anda agar relevan dan mudah dikonsumsi akan berdampak tidak hanya kepada pemahaman pelanggan Anda tentang siapa Anda dan bagaimana mereka dapat berbisnis dengan Anda. Melainkan juga bagaimana perusahaan Anda bisa masuk ke jajaran atas mesin pencari besar seperti Google dan Bing. Salah satu cara agar bisnis online Anda sukses adalah memiliki situs web yang meraih peringkat tinggi di mesin pencari untuk menarik pengunjung. Situs web Anda perlu mengonversi pengunjung menjadi pelanggan dengan meyakinkan mereka bahwa mereka harus berbisnis dengan Anda. Untuk mencapai kedua tujuan tersebut konten Anda harus menarik dan dapat ditindaklanjuti, dapat mengekspresikan identitas Anda, menjelaskan apa yang Anda tawarkan, menjelaskan mengapa pengunjung harus membeli dari Anda, kaya akan kata kunci dan metadata. Selain itu, juga menyediakan link untuk membangun kredibilitas Berikut ini adalah lima tips untuk membuat konten yang tepat untuk situs web Anda, seperti dilansir Verisign, perusaan teknologi penyedia layanan web dan keamanan.

1. Langsung Menuju Sasaran
Anda tidak boleh menganggap bahwa pengunjung akan membaca semua konten di halaman Anda. Banyak orang bahkan tidak sampai setengah jalan. Itulah sebabnya Anda perlu memasukkan informasi terpenting Anda di bagian atas dan memprioritaskan konten Anda dari sana. Konsep ini disebut piramida terbalik. Piramida "terbalik" dapat dianggap sebagai segitiga sederhana dengan satu sisi digambar secara horizontal di bagian atas dan tubuh mengarah ke bawah. Bagian terluas di bagian atas mewakili informasi paling substansial, menarik, dan penting yang ingin disampaikan oleh penulis, yang menggambarkan bahwa materi semacam ini harus menjadi bagian awal dari artikel tersebut. Sementara bagian bawah yang meruncing menggambarkan bahwa materi lain harus diikuti seiring dengan berkurangnya kepentingan. Gaya ini sangat populer di dunia jurnalisme karena hal ini mirip dengan struktur berita headline atau gaya berita teraktual. Gaya ini direkomendasikan untuk penulis konten web karena memiliki banyak manfaat bagi pembaca. Dengan menggunakan gaya ini, mereka dapat dengan cepat memahami pokok permasalahan artikel. Saat Anda mulai menulis dengan informasi yang paling penting, menarik perhatian, luas jangkauannya, beberapa kalimat pertama di halaman web Anda akan berisi sebagian besar kata kunci yang relevan, dan dengan demikian dapat meningkatkan SEO Anda.

2. Bahasa yang Dapat Ditindaklanjuti
Beri tahu pengunjung Anda apa yang Anda ingin mereka lakukan dan gunakan ajakan yang kuat untuk melakukan tindakan seperti "Download formulir ini" atau "Pelajari lebih lanjut tentang produk ini." Konten yang dapat ditindaklanjuti adalah konten yang bagus dan ini membuat Anda menjadi lebih relevan.

3. Kalimat Pendek
Saat menulis untuk Web, jagalah agar tetap singkat dan sederhana. Internet bukanlah tempat untuk prosa yang indah. Itu berarti Anda perlu memilah-milah kalimat Anda ke hal-hal yang penting. Gunakan kata-kata yang Anda butuhkan agar orang-orang mengerti.

4. Kata Kunci untuk Optimisasi Mesin Pencari
Anda harus memastikan bila orang mencari kata kunci menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing, yang mereka temukan adalah alamat website Anda. Anda mungkin lebih baik tidak memilih kata kunci yang banyak dicari orang.
Karena justru taktik paling baik bagi Anda yang baru mulai menulis adalah memilih kata kunci di "bagian ekor" yang panjang (seperti misalnya "Bagaimana cara terbaik memotong bawang merah"). Mereka umumnya tidak banyak dicari orang tapi peluang Anda untuk dicari orang malah menjadi lebih tinggi.

5. Tulisan yang Dapat Dibaca Dengan Cepat
Bila masuk akal, buat daftar dan bukan paragraf. Ketika orang membaca konten di Internet, baik di laptop atau ponsel, mereka membaca informasi penting. Ini adalah trik lama yang digunakan oleh perancang iklan luar ruangan, seperti papan reklame.



Sumber: Tempo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode & Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Bahasa

A. Metode Simak Metode simak adalah metode pengumpulan data yang dilakukan melalui proses penyimakan atau pengamatan terhadap penggunaan bahasa yang diteliti. Metode ini hampir sama dengan metode pengamatan atau metode observasi dalam ilmu-ilmu sosial. Istilah simak di sini bukan hanya berkaitan dengan penggunaan bahasa lisan seperti pidato dan percakapan antar penutur suatu bahasa, tetapi juga termasuk untuk bahasa tulis, yaitu mengamati, membaca, dan memahami bahasa tulis yang ada dalam suatu teks tertulis seperti naskah cerita, berita surat kabar, dan naskah tertulis lainnya. Metode simak dapat diwujudkan dalam bentuk teknik pengumpulan data yang diberi nama sesuai dengan alat yang digunakannya seperti menyadap, melakukan percakapan, merekam, atau mencatat. Dari segi tahapan penggunaannya, teknik-teknik dalam metode simak ini dapat dibedakan menjadi dua jenis teknik, yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar adalah teknik yang harus digunakan oleh seorang pengumpul data t...

Menulis E-mail Profesional dalam Bahasa Inggris

Menulis e-mail dalam Bahasa Inggris adalah latihan yang harus dilakukan dalam konteks aktivitas profesional saat ini. Salah tafsir, formulasi yang terlalu kaku, atau terlalu santai merupakan resiko ketika menerjemahkan e-mail dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Sehingga saat ini, penulis harus benar-benar menguasai tata cara berbahasa dan berkorespondensi dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Untuk menghindari salah korespondensi dalam bahasa Inggris, berikut ini adalah beberapa pengetahuan yang berguna untuk menyusun e-mail dalam bahasa Inggris yang profesional.  Untuk Siapa dan Untuk Apa? Saat ini banyak karyawan perusahaan yang bekerja dalam konteks internasional, untuk pertukaran komersial, untuk kemitraan, untuk pertanyaan tentang produk, dan lain-lain. Banyak pegawai mendapati diri mereka terpaksa untuk menghubungi profesional atau mitra yang berbasis di Inggris, Amerika atau di bagian dunia lainnya, sehingga harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Sub...

Surat lamaran Kerja Dengan Bahasa Inggris

Human Resources Manager PT. Astrea Graphica Visual Jl. Jend. Sudirman kav.25 Jakarta Selatan Dear Sir/Madame; I read your advertisement on Media Indonesia 2nd January 2010 edition, and I would like to apply for the position offered. I was graduated from Bina Nusantara University Jakarta on 2007, majoring in Graphic Design. I have 3 years working experience in Graphic Design department at PT. Penerbitan Grahamedia, and successfully handling the graphic design for its several top rated magazines such as Indosehat, Gadisku and Komputekhno. Enclosed are my resume and recent photograph. I will appreciate an interview opportunity where I can convince you that my service will be an asset to your company. I hope my educational background and excellent achievement on current works merit to your consideration. Thank you for kind attention. I am looking forward to your reply. Sincerely, Fathia Feminita Jakarta, December 20, 2010 To: Unitama Megatra...