Langsung ke konten utama

5 Tips Membuat Konten Website Menarik

Keberhasilan situs web Anda sebagian besar ditentukan oleh konten yang ada di dalamnya. Konten yang bagus akan memenangkan kepercayaan pelanggan dan menghasilkan lalu lintas ke situs web Anda. Karena itu, penataan konten di situs Anda agar relevan dan mudah dikonsumsi akan berdampak tidak hanya kepada pemahaman pelanggan Anda tentang siapa Anda dan bagaimana mereka dapat berbisnis dengan Anda. Melainkan juga bagaimana perusahaan Anda bisa masuk ke jajaran atas mesin pencari besar seperti Google dan Bing. Salah satu cara agar bisnis online Anda sukses adalah memiliki situs web yang meraih peringkat tinggi di mesin pencari untuk menarik pengunjung. Situs web Anda perlu mengonversi pengunjung menjadi pelanggan dengan meyakinkan mereka bahwa mereka harus berbisnis dengan Anda. Untuk mencapai kedua tujuan tersebut konten Anda harus menarik dan dapat ditindaklanjuti, dapat mengekspresikan identitas Anda, menjelaskan apa yang Anda tawarkan, menjelaskan mengapa pengunjung harus membeli dari Anda, kaya akan kata kunci dan metadata. Selain itu, juga menyediakan link untuk membangun kredibilitas Berikut ini adalah lima tips untuk membuat konten yang tepat untuk situs web Anda, seperti dilansir Verisign, perusaan teknologi penyedia layanan web dan keamanan.

1. Langsung Menuju Sasaran
Anda tidak boleh menganggap bahwa pengunjung akan membaca semua konten di halaman Anda. Banyak orang bahkan tidak sampai setengah jalan. Itulah sebabnya Anda perlu memasukkan informasi terpenting Anda di bagian atas dan memprioritaskan konten Anda dari sana. Konsep ini disebut piramida terbalik. Piramida "terbalik" dapat dianggap sebagai segitiga sederhana dengan satu sisi digambar secara horizontal di bagian atas dan tubuh mengarah ke bawah. Bagian terluas di bagian atas mewakili informasi paling substansial, menarik, dan penting yang ingin disampaikan oleh penulis, yang menggambarkan bahwa materi semacam ini harus menjadi bagian awal dari artikel tersebut. Sementara bagian bawah yang meruncing menggambarkan bahwa materi lain harus diikuti seiring dengan berkurangnya kepentingan. Gaya ini sangat populer di dunia jurnalisme karena hal ini mirip dengan struktur berita headline atau gaya berita teraktual. Gaya ini direkomendasikan untuk penulis konten web karena memiliki banyak manfaat bagi pembaca. Dengan menggunakan gaya ini, mereka dapat dengan cepat memahami pokok permasalahan artikel. Saat Anda mulai menulis dengan informasi yang paling penting, menarik perhatian, luas jangkauannya, beberapa kalimat pertama di halaman web Anda akan berisi sebagian besar kata kunci yang relevan, dan dengan demikian dapat meningkatkan SEO Anda.

2. Bahasa yang Dapat Ditindaklanjuti
Beri tahu pengunjung Anda apa yang Anda ingin mereka lakukan dan gunakan ajakan yang kuat untuk melakukan tindakan seperti "Download formulir ini" atau "Pelajari lebih lanjut tentang produk ini." Konten yang dapat ditindaklanjuti adalah konten yang bagus dan ini membuat Anda menjadi lebih relevan.

3. Kalimat Pendek
Saat menulis untuk Web, jagalah agar tetap singkat dan sederhana. Internet bukanlah tempat untuk prosa yang indah. Itu berarti Anda perlu memilah-milah kalimat Anda ke hal-hal yang penting. Gunakan kata-kata yang Anda butuhkan agar orang-orang mengerti.

4. Kata Kunci untuk Optimisasi Mesin Pencari
Anda harus memastikan bila orang mencari kata kunci menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing, yang mereka temukan adalah alamat website Anda. Anda mungkin lebih baik tidak memilih kata kunci yang banyak dicari orang.
Karena justru taktik paling baik bagi Anda yang baru mulai menulis adalah memilih kata kunci di "bagian ekor" yang panjang (seperti misalnya "Bagaimana cara terbaik memotong bawang merah"). Mereka umumnya tidak banyak dicari orang tapi peluang Anda untuk dicari orang malah menjadi lebih tinggi.

5. Tulisan yang Dapat Dibaca Dengan Cepat
Bila masuk akal, buat daftar dan bukan paragraf. Ketika orang membaca konten di Internet, baik di laptop atau ponsel, mereka membaca informasi penting. Ini adalah trik lama yang digunakan oleh perancang iklan luar ruangan, seperti papan reklame.



Sumber: Tempo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MEKANISME LOMBA STORY TELLING

Berikut adalah contoh mekanisme melaksanakan lomba story telling. Isinya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kompetisi yang kalian adakan!!! Registrasi dan Syarat Pendaftaran: 1. Pendaftaran dimulai pada tanggal .... 2. Peserta lomba adalah siswa .... 3. Kontribusi setiap peserta lomba sebesar Rp..... 4. Setiap sekolah mengirimkan perwakilannya maksimal ..... dengan naskah yang berbeda. 5. Peserta wajib memberikan naskah story telling dalam bentuk print out sebanyak ..... rangkap naskah asli saat pendaftaran ulang. 6. Peserta wajib melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu dan wajib mengikuti upacara pembukaan. 7. Diperkenankan melakukan daftar ulang secepatnya sebelum pendaftaran ulang ditutup, pendaftaran ulang ditutup saat upacara pembukaan dimulai. Apabila daftar ulang telah ditutup dan masih ada peserta yang belum melakukan daftar ulang maka peserta tersebut tidak diperkenankan mengikuti lomba dan didiskualifikasi. 8. Pengocokan nomor peserta akan dibagikan s

Menulis E-mail Profesional dalam Bahasa Inggris

Menulis e-mail dalam Bahasa Inggris adalah latihan yang harus dilakukan dalam konteks aktivitas profesional saat ini. Salah tafsir, formulasi yang terlalu kaku, atau terlalu santai merupakan resiko ketika menerjemahkan e-mail dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Sehingga saat ini, penulis harus benar-benar menguasai tata cara berbahasa dan berkorespondensi dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Untuk menghindari salah korespondensi dalam bahasa Inggris, berikut ini adalah beberapa pengetahuan yang berguna untuk menyusun e-mail dalam bahasa Inggris yang profesional.  Untuk Siapa dan Untuk Apa? Saat ini banyak karyawan perusahaan yang bekerja dalam konteks internasional, untuk pertukaran komersial, untuk kemitraan, untuk pertanyaan tentang produk, dan lain-lain. Banyak pegawai mendapati diri mereka terpaksa untuk menghubungi profesional atau mitra yang berbasis di Inggris, Amerika atau di bagian dunia lainnya, sehingga harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Subjek

PARIWISATA BUDAYA: Sejarah dan Perkembangan Pariwisata

Asal Usul Pariwisata Perjalanan pada jaman primitif dilakukan untuk mencari makanan dengan berburu, kemudian berkembang dengan kegiatan berdagang, keagamaan, perang, bermigrasi dan kegiatan lainnya sesuai motivasinya. Pada era Romawi perjalanan juga dilakukan untuk kegiatan bersenang-senang (pleasure) pada resort di pinggir pantai. Pariwisata yang dikenal saat ini merupakan phenomena sejak 20 tahun yang lalu. Para pelaku sejarah mencatat bahwa kegiatan pariwisata dimulai di Inggris sejak terjadinya revolusi industri dengan munculnya kelompok kelas mengengah dan transportasi yang murah. Dengan adanya pesawat komersial dan perang dunia ke dua serta berkembangnya jet pada tahun 1950-an yang ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya perjalanan internasional perkembangan pariwisata menjadi semakin pesat. Sebelum Era Modern (sebelum 1920) Perjalanan pertama kali dilakukan oleh bangsa primitif dari satu tempat ke tempat lain dengan tujuan untuk kelangsungan hidup. Tahu