Langsung ke konten utama

PRONOUNS: Jenis-Jenis Pronouns Bahasa Inggris

Indefinite pronouns
Pronoun jenis ini menjelaskan satu atau lebih dari objek yang umum seperti benda, atau tempat. 
Exp: another, anyone, anything, each, anywhere, none, somebody, something, everyone, dan everything.

Contoh kalimat:
- That fruit is juicy. May I have another?
- Do you have anything to ask?
- I have two bags, each costs IDR 150.000.
- Everything I need is in my suitcase.
- This house is new, but that one is old.
- I feel bad today, I will not go anywhere.

Personal pronouns
Pronoun jenis ini merupakan kata ganti yang berfungsi menggantikan subjek dan objek sebagai kata ganti penamaan. 
Exp: me, you, her, him, it, us, dan them.

Contoh kalimat:
- I gave this book to Anita yesterday. She feels great when read it.
- My mother take a glass with her. She wants fill it with the juice.

Reflexive pronouns
Pronoun jenis ini digunakan untuk menunjukan tindakan yang dilakukan oleh subjek dan lebih menekankan pada unsur subjek itu sendiri. 
Exp: myself, yourself, themselves, ourselves, himself, herself, dan itself.

Contoh kalimat:
- Sunny made this book by herself.
- He enjoyed himself by watching two movies.
- The children are old enough to look after themselves.

Demonstrative pronouns
Pronoun yang digunakan untuk menunjukan arah, lokasi, atau tempat suatu benda berada. 
Exp: this, these, that, dan those.

Contoh kalimat:
- That is a basketball.
- These are my works.

Possessive pronouns
Pronoun jenis ini digunakan untuk menunjukan kepemilikan suatu barang. 
Exp: my, your, his, her, its, our, their, mine, yours, his, hers, its, ours, dan theirs.

Contoh kalimat:
- This green bag is hers.
- This small car is mine. Those are theirs.
- This is not your suitcase. I think that is yours.

Relative pronouns
Pronoun jenis ini digunakan untuk memperkenalkan adjective clause yang menerangkan kata benda (noun). 
Exp: who, whom, whose, which, dan that.

Contoh kalimat:
I like people who have many joke to tell.
I found the wallet that belong my mother.
The man who you met yesterday is my grandfather.

Interrogative pronoun
Pronoun jenis ini digunakan untuk menanyakan orang, benda atau suatu pilihan. 
Exp: who, whom, whose, why, which, dan what.

Contoh kalimat:
- What is broken?
- Who has make you sad?
- Which shop sold the kimchi?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MEKANISME LOMBA STORY TELLING

Berikut adalah contoh mekanisme melaksanakan lomba story telling. Isinya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kompetisi yang kalian adakan!!! Registrasi dan Syarat Pendaftaran: 1. Pendaftaran dimulai pada tanggal .... 2. Peserta lomba adalah siswa .... 3. Kontribusi setiap peserta lomba sebesar Rp..... 4. Setiap sekolah mengirimkan perwakilannya maksimal ..... dengan naskah yang berbeda. 5. Peserta wajib memberikan naskah story telling dalam bentuk print out sebanyak ..... rangkap naskah asli saat pendaftaran ulang. 6. Peserta wajib melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu dan wajib mengikuti upacara pembukaan. 7. Diperkenankan melakukan daftar ulang secepatnya sebelum pendaftaran ulang ditutup, pendaftaran ulang ditutup saat upacara pembukaan dimulai. Apabila daftar ulang telah ditutup dan masih ada peserta yang belum melakukan daftar ulang maka peserta tersebut tidak diperkenankan mengikuti lomba dan didiskualifikasi. 8. Pengocokan nomor peserta akan dibagikan s...

Language of Advertisement

ADVERTISEMENT Say the word advertising to someone and the immediate images will spring to mind: billboards, television ads, buses with banners, flyers. Advertising is ubiquitous in modern society, and while many people have some understanding of the power it wields over our everyday choices, few realize the subtle nuances of advertising that cause it to be so effective. Imperatives When it comes to advertising, you’ll find a huge tendency to use imperatives and adjectives. Imperatives leave people little room for argument - ‘buy our new product now’. The use of the imperative ‘now’ commands you in a subconscious way; it leaves a deeper imprint than the phrase ‘buy our new product’. Nike’s ‘Just Do It’ may be one of the most famous imperative slogans in advertising. The tagline gives you no room for argument, no room to back out or make a choice. It directs you in such a way that is bold and without remorse. The short, snappy nature of the tagline with the iconic tick has made it...

Metode & Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Bahasa

A. Metode Simak Metode simak adalah metode pengumpulan data yang dilakukan melalui proses penyimakan atau pengamatan terhadap penggunaan bahasa yang diteliti. Metode ini hampir sama dengan metode pengamatan atau metode observasi dalam ilmu-ilmu sosial. Istilah simak di sini bukan hanya berkaitan dengan penggunaan bahasa lisan seperti pidato dan percakapan antar penutur suatu bahasa, tetapi juga termasuk untuk bahasa tulis, yaitu mengamati, membaca, dan memahami bahasa tulis yang ada dalam suatu teks tertulis seperti naskah cerita, berita surat kabar, dan naskah tertulis lainnya. Metode simak dapat diwujudkan dalam bentuk teknik pengumpulan data yang diberi nama sesuai dengan alat yang digunakannya seperti menyadap, melakukan percakapan, merekam, atau mencatat. Dari segi tahapan penggunaannya, teknik-teknik dalam metode simak ini dapat dibedakan menjadi dua jenis teknik, yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar adalah teknik yang harus digunakan oleh seorang pengumpul data t...