Langsung ke konten utama

KOMPARATIF DAN SUPERLATIF

Kata Sifat Komparatif
Kata sifat komparatif digunakan untuk membandingkan perbedaan antara dua benda yang dimodifikasi oleh kata sifat tersebut, misalnya larger, smaller, faster, dan higher. Kata sifat komparatif digunakan dalam kalimat-kalimat dimana dua benda dibandingkan dengan pola ini:

Kata benda (subjek) + kata kerja + kata sifat komparatif + than + kata benda (objek).

Benda kedua yang dibandingkan dapat dihilangkan jika bendanya sudah diketahui dengan jelas dari konteks. Contoh:
  • My house is larger than hers.
  • This box is smaller than the one I lost.
  • Your dog runs faster than Jim's dog.
  • The rock flew higher than the roof.
  • Jim and Jack are both my friends, but I like Jack better. ("than Jim" - kita sudah mengetahuinya)


Kata Sifat Superlatif
Kata sifat superlatif digunakan untuk mendeskripsikan sebuah benda yang memiliki tingkatan teratas atau terbawah, misalnya the tallest, the smallest, the fastest, dan the highest. Kata sifat superlatif digunakan dalam kalimat-kalimat dimana subjek dibandingkan dengan sekelompok objek.

Kata benda (subjek) + kata kerja + the + kata sifat superlatif + kata benda (objek).

Kelompok objek yang dibandingkan ini dapat dihilangkan jika bendanya diketahui dengan jelas dari konteks. Contoh:
  • My house is the largest one in our neighborhood.
  • This is the smallest box I've ever seen.
  • Your dog ran the fastest of any dog in the race.
  • We all threw our rocks at the same time. My rock flew the highest. ("of all the rocks" - kita sudah mengetahuinya)

Kata Sifat Komparatif dan Superlatif Beraturan
Membentuk kata sifat komparatif dan superlatif itu mudah. Bentuknya bergantung pada jumlah suku kata dalam kata sifat aslinya.

Kata Sifat Yang Terdiri Dari Satu Suku Kata
Tambahkan -er untuk kata sifat komparatif dan -est untuk superlatif. Jika kata sifat memiliki ejaan huruf konsonan + vokal tunggal + konsonan, huruf konsonan terakhir harus diulang sebelum menambahkan akhiran.

Kata sifat          Komparatif       Superlatif
tall                  taller               tallest
fat                  fatter               fattest
big                  bigger               biggest
sad                  sadder               saddest

Kata Sifat Yang Terdiri Dari Dua Suku Kata
Kata sifat yang terdiri dari dua suku kata dapat membentuk komparatif dengan menambahkan akhiran -er atau mengawali kata sifatnya dengan more. Kata-kata sifat ini membentuk superlatif dengan menambahkan akhiran -est atau mengawali kata sifatnya dengan most. Dalam banyak kasus, kedua bentuk digunakan meskipun salah satu bentuk biasanya lebih umum dibandingkan bentuk lainnya. Jika Anda tidak yakin apakah suatu kata sifat yang terdiri dari dua suku kata dapat menggunakan akhiran komparatif dan superlatif atau tidak, gunakan bentuk yang aman, yaitu more dan most. Untuk kata sifat yang berakhiran y, ubahlah "y" menjadi "i" sebelum menambahkan akhiran.

Kata sifat           Komparatif       Superlatif
happy           happier               happiest
simple           simpler               simplest
busy           busier               busiest
tilted           more tilted       most tilted
tangled           more tangled       most tangled

Kata Sifat Yang Terdiri Dari Tiga Suku Kata atau Lebih
Kata sifat yang terdiri dari tiga suku kata atau lebih membentuk komparatif dengan meletakkan more di depan kata sifatnya dan membentuk superlatif dengan meletakkan most di depan kata sifatnya.

Kata sifat           Komparatif         Superlatif
important   more important      most important
expensive   more expensive      most expensive

Kata Sifat Komparatif  dan Superlatif Tidak Beraturan
Kata-kata sifat yang umum ini memiliki bentuk komparatif dan superlatif yang benar-benar tidak beraturan.

Kata sifat           Komparatif          Superlatif
good           better                  best
bad                   worse                  worst
little                   less                  least
much           more                  most
far                   further/farther  furthest/farthest

Contoh
Today is the worst day I've had in a long time.
You play tennis better than I do.
This is the least expensive sweater in the store.
This sweater is less expensive than that one.
I ran pretty far yesterday, but I ran even farther today.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MEKANISME LOMBA STORY TELLING

Berikut adalah contoh mekanisme melaksanakan lomba story telling. Isinya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kompetisi yang kalian adakan!!! Registrasi dan Syarat Pendaftaran: 1. Pendaftaran dimulai pada tanggal .... 2. Peserta lomba adalah siswa .... 3. Kontribusi setiap peserta lomba sebesar Rp..... 4. Setiap sekolah mengirimkan perwakilannya maksimal ..... dengan naskah yang berbeda. 5. Peserta wajib memberikan naskah story telling dalam bentuk print out sebanyak ..... rangkap naskah asli saat pendaftaran ulang. 6. Peserta wajib melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu dan wajib mengikuti upacara pembukaan. 7. Diperkenankan melakukan daftar ulang secepatnya sebelum pendaftaran ulang ditutup, pendaftaran ulang ditutup saat upacara pembukaan dimulai. Apabila daftar ulang telah ditutup dan masih ada peserta yang belum melakukan daftar ulang maka peserta tersebut tidak diperkenankan mengikuti lomba dan didiskualifikasi. 8. Pengocokan nomor peserta akan dibagikan s...

Language of Advertisement

ADVERTISEMENT Say the word advertising to someone and the immediate images will spring to mind: billboards, television ads, buses with banners, flyers. Advertising is ubiquitous in modern society, and while many people have some understanding of the power it wields over our everyday choices, few realize the subtle nuances of advertising that cause it to be so effective. Imperatives When it comes to advertising, you’ll find a huge tendency to use imperatives and adjectives. Imperatives leave people little room for argument - ‘buy our new product now’. The use of the imperative ‘now’ commands you in a subconscious way; it leaves a deeper imprint than the phrase ‘buy our new product’. Nike’s ‘Just Do It’ may be one of the most famous imperative slogans in advertising. The tagline gives you no room for argument, no room to back out or make a choice. It directs you in such a way that is bold and without remorse. The short, snappy nature of the tagline with the iconic tick has made it...

Metode & Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Bahasa

A. Metode Simak Metode simak adalah metode pengumpulan data yang dilakukan melalui proses penyimakan atau pengamatan terhadap penggunaan bahasa yang diteliti. Metode ini hampir sama dengan metode pengamatan atau metode observasi dalam ilmu-ilmu sosial. Istilah simak di sini bukan hanya berkaitan dengan penggunaan bahasa lisan seperti pidato dan percakapan antar penutur suatu bahasa, tetapi juga termasuk untuk bahasa tulis, yaitu mengamati, membaca, dan memahami bahasa tulis yang ada dalam suatu teks tertulis seperti naskah cerita, berita surat kabar, dan naskah tertulis lainnya. Metode simak dapat diwujudkan dalam bentuk teknik pengumpulan data yang diberi nama sesuai dengan alat yang digunakannya seperti menyadap, melakukan percakapan, merekam, atau mencatat. Dari segi tahapan penggunaannya, teknik-teknik dalam metode simak ini dapat dibedakan menjadi dua jenis teknik, yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar adalah teknik yang harus digunakan oleh seorang pengumpul data t...